Rutan Balige Apresiasi Anugerah ITKP Terbaik I Kemenkumham RI 2023

Aparatur Rutan Kelas IIB Balige turut mengapresiasi dan menyambut baik pencapaian Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

topmetro.news – Aparatur Rutan Kelas IIB Balige turut mengapresiasi dan menyambut baik pencapaian Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Di mana, kementerian yang menangani hukum dan HAM ini mendapatkan penghargaan Terbaik 1 Kementerian dan Lembaga. Yakni, dalam penilaian Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) Tahun 2023 oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Kami, segenap aparatur Rutan Balige, turut bangga atas pencapaian prestasi ini. Dan kita (seluruh jajaran Kemenhukham RI-red), berharap, capaian ini, menjadi penyemangat,” ucap Kepala Rutan Balige David Petrus Nikolas, menjawab wartawan via smartphonenya, Selasa malam (7/11/2023).

Lebih lanjut dia katakan, bahwa penghargaan tersebut diterima langsung Plh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham. “Pak Reynhard Silitonga yang terima langsung, tadi siang, di Ballroom Birawa Hotel Bidakara, Jakarta, pada acara Anugerah Pengadaan 2023, yang diselenggarakan LKPP,” sebut David didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka KPR) Balige Edison Tambunan.

Ia menambahkan, perolehan nilai ITKP Kemenkumham RI adalah 95,77, alias kategori sangat baik. “Penghargaan ini merupakan buah dan bukti dari kerja keras seluruh jajaran di Kemenkumham. Terlebih yang menangani pengadaan barang/jasa (barjas),” sambungnya lagi, mengutip pernyataan Plh Sekjen Reynhard.

Di akhiri wawancara, tak luput David menyampaikan dan berharap, secara khusus bagi aparatur Rutan Kelas IIB Balige, untuk bekerja lebih baik lagi ke depan.

Sebelumnya, ia sampaikan juga, bahwa nilai ITKP Kemenkumham RI mengalami peningkatan. Di mana pada tahun 2022 memperoleh 81.8 (baik) dan berada di posisi terbaik kedua.

Sebagai informasi, ITKP menjadi salah satu bagian dari Index Tata Kelola Pemerintah. Sehingga menjadi salah satu variabel dalam menilai ‘reformasi birokrasi’ (RB).

Ada pun parameter penilaian ITKP, yakni, pemanfaatan sistem pengadaan, kualifikasi dan kompetensi SDM PPBJ (Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa), dan tingkat kematangan UKPBJ (Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa).

reporter | Guntur

Related posts

Leave a Comment